tip cara mengatasi blue screen di laptop atau di PC

Tips Untuk Mengatasi Blue Screen

Blue Screen atau Layar Biru, adalah error yang sering terjadi di computer atau laptop. Error ini dari dulu sudah di kenal, dari sejak komputer di temukan. Blue Screen biasa nya di sebabkan oleh masalah hardware, seperti hard disk, driver. 

Setiap kali blue screen terjadi, computer/laptop akan restart dengan sendiri nya secara berulang, Looping.
Beberapa hal yang bisa anda coba jika laptop anda mengalami blue screen. sebelum membawa nya ke toko service. 

1. Salah Setting juga bisa menyebabkan blue screen, salah satu nya setting di Bios. Tekan F2 di laptop kalo di PC tekan DEL. kita akan masuk ke Setting Bios, Pilih Advance Tab, dan cari pilihan HDD Mode, ganti antara IDE atau AHCI. Kalo ini bisa mengatasi Bluescreen nya, Selamat. kalo belum silahkan terus di baca ke bawah. 

2. Secara default windows biasa nya akan menyimpan sebuah file .dmp berisi tentang informasi penyebab bluescreen di C:/windows/minidump setiap kali terjadi blue screen. akan tetapi kita tidak mendapati file tersebut di C:/windows/minidump, berarti fasilitas system failure write an event, belum di aktif kan.
cara aktif nya. 

Klik Kanan My Computer–> Properties–> System Protection —> Tab Advance –> Start Up and Recovery 
Kemudian anda akan melihat Pilihan Write an event to system Log. Tick pilihan tersebut
pastikan kolom Dump File terisi ” %SystemRoot%\MEMORY.DMP “, tanpa tanda Kutip.
Dengan Begitu, setiap kali blue screen file tersebut akan di save di C/:windows/minidump 

3.. Kita sering kebingungan saat terjadi nya bluescreen dimana kita tidak bisa masuk ke desktop sama skali, jadi gimana cara nya kita bisa dapatkan dump files nya? 
ada kejadian dimana, kadang bisa masuk ke desktop, kadang-kadang bluescreen, klo gitu, kita lebih gampang mendapatkan dump file nya. Bagaimana dengan yang tidak dapat masuk sama sekali ke desktop? 

ada cara nya yaitu menggunakan Windows live CD atau Hiren Boot CD . Untuk Windows live CD kita harus mempunyai file mentah windows. Jadi Saya lebih menyarankan kita untuk menggunakan Hiren Boot CD, yang mana Gratis. Download Hiren dan burn ke cd, setelah itu boot melalui Hiren CD, nanti di situ, ada pilihan Windows Mini XP. 

Dengan begitu kita bisa mengakses komputer kita dengan menggunakan Windows Mini Xp ang ada di Hiren, dan bisa mencari Lokasi Dump Files Tersebut.

4. Setelah mendapat Minidump File tersebut, kita arus membuka nya dengan Bluescreen Viewer .
Setelah membuka file minidump tersebut, check pada bagian terakhir nya, akan tertulis informasi tentang penyebab blue screen nya. 

5. setelah mendapat informasi tentang blue screen tersebut, kita bisa melakukan googling terkait error tersebut. Saya yakin anda mendapatkan jawaban nya. Selamat Mencoba

ini hanya salah satu cara untuk mengetahui dan mengatasi blue screen, sebelum anda merogoh kocek anda dalam-dalam. Silahkan comment jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai Blue Screen. 

Terima kasih. 

~ oleh edhane pada Oktober 31, 2012.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: